MEMANJAKAN MATA DENGAN FESTIVAL BUNGA


            “You don’t see Holland yet till you see Keukenhof”. Tampaknya kalimat ini cocok adanya ketika mengetahui bahwa Keukenhof adalah taman buatan seluas 32 hektar yang didesain sedemikian rupa sehingga mampu menampilkan keindahan taman yang sempurna. Di dalamnya terdapat aneka pohon dan bunga indah, yang sebagian besar adlaah tulip berbagai varietas dalam layout tertentu.


                
                  Taman Bunga Keukenhof dibuka selama dua bulan pada musim semi di Belanda dari tangga 21 Maret hingga 20 Mei. Obyek wisata yang berpredikat sebagai “The Largest Flower Garden in Europe”, “The Most Photgraphed Place in the World, dan “Europe’s Most Valued Attraction” ini menjadi tempat yang indah untuk melihat bunga tulip sekaligus menikmati keindahan bunga lainnya seperti lili, bugenvil, anyelir, hortensia, mawar, gerbera, dan anggrek. 



               
           Selain Taman Bunga Keukenhof, negara lain tak kalah indahnya menampilkan festival bunga adalah Turki, dan Jepang. Adalah orang-orang Turki yang pertama kali membudidayakan bunga tulip pada awal tahun 1000-an. Selain itu, pada masa pemerintahan kekhalifahan stmanisyah, terutama pada masa kekuasaan Sultan Ahmed III (1703-1730) bunga tulip berperan penting. Oleh karena itu, masa Sultan Ahmed III disebut juga “Era Bunga Tulip”. Untuk melihat keindahan bunga tulip di Turki, kamu dapat mengunjunginya pada bulan Maret hingga April. Momen ini juga telah disusun dengan cermat dlama acara “10 Hari Best of Turkey”.



                Sementara itu, untuk mengagumi indahnya sakura ketika sedang mekar, Jepang adlaah jawabannya. Bunga ini hanya berkembang selma satu sampai dua minggu selama setahu. Sakura biasanya mekar pada awal musim semi. Namun, uniknya waktu mekar bunga ini bervariasi. Di wilayah Kanto yang meliputi Tokyo, Chiba, dan sekitarnya, sakura mekar pada akhir Maret sampai awal April. Di daerah Kyushuu (Jepang bagian selatan), sakura mekar sekitar pertengahan Maret. Smenetara itu, di Hokaido (Jepang bagian utara), masyarakat baru bisa menikmati indahnya bunga ini pada April akhir sampai awal Mei. Slaah satu taman yang menyajikan indahnya bunga sakura adalah Ueno Kouen. [*/ACH]


KOMPAS KLASIKA / 7 Februari 2013

0 Response to "MEMANJAKAN MATA DENGAN FESTIVAL BUNGA"

Posting Komentar